Peredaman suara dan massa

Peredaman suara dan massa

Peredaman suara dan massa


Massa atau berat


Cara paling mudah untuk menentukan atau memperkirakan apakah hasil kerja redaman pada dinding anda baik adalah dengan menghitung seberapa berat material redam anda per m2. Sebagai contoh anda bisa mencapai tingkat redaman yang cukup baik (48dB-50dB STC) hanya dengan 1 lapis dinding bata merah (14-16cm), tapi anda hanya akan mendapat tambahan nilai redam sebesar 6dB dengan  menambah 1 lapisan bata dengan ketebalan yang sama.

Sering kita melihat/mendengar seorang kontraktor studio mengatakan banyaknya material glasswool/rockwool yang dia pakai, agar meyakinkan kita bahwa pekerjaannya akan sesuai target redaman. Pada kenyataannya material glasswool/rockwool bukan merupakan material utama dalam proses peredaman suara. Coba anda bayangkan sebuah ruangan yang terdiri hanya dengan glaswool/rockwool, tanpa tembok bata atau partisi gypsum disekelilingnya, dapat dipastikan bunyi akan merambat bebas kedalam ruangan.

Atau, suatu hari anda mendapat komplain dari tetangga anda atas suara musik yang anda dengar, kemudian anda beli beberapa roll glasswool kemudian anda tutup celah-celah pintu, jendela  dan dinding kamar anda sekelilingnya dengan glasswool, kemudian berharap tidak ada komplain lagi dari tetangga tadi,...... 

berhasil? ........sayang sekali tidak. :P

Kenapa,?  

karena glasswool/rockwool adalah bahan penyerap suara, material ini bukan menjadi variable utama dalam peredaman suara (Sound insulation), memang benar material ini menyerap dan memantulkan bunyi, hanya saja pada jumlah yang kecil dan pada frekuensi tertentu (tinggi), massa jenis (density) glasswool/rockwool (80-100kg/m3) terlalu rendah untuk mencapai beban berat/m2 yang dibutuhkan untuk memblock bunyi. Pada proses peredaman suara ruang, material ini sebenarnya berfungsi untuk mengurangi resonansi bunyi yang terjadi pada ruang kosong diantara 2 dinding peredaman pada konstruksi MAM (mass air mass) yang dapat meningkatkan nilai redam secara keseluruhan. Pengaruhnya bisa besar tapi juga bisa kecil, tergantung lebar rongga  dan variable dinding lainnya.

Fig:1 Glasswool/rockwool digambarkan dengan warna kuning


Jasa peredam suara dan akustik ruang Bandung
Contoh komposisi peredaman partisi


Bagaimana cara termudah menganalisa nilai redam sebuah dinding?


Identifikasi material pada dinding redam anda, kenali bahannya, setelah itu anda cukup googling mencari massa jenis bahan tersebut, kemudian kalikan dengan ketebalan (dalam satuan meter) dikali 1m panjang x 1m lebar, didapat berat material per meter persegi.

M=d.v

M=massa
d= density
v=volume

Sebagai contoh massa jenis bata merah indonesia (tebal 5cm) adalah 1600-1630kg/m3, memiliki berat sekitar 80kg/m2 dan memiliki nilai redam rata2 sekitar 49-50dB.(ingat, Rata-rata)

Massa adalah 1 dari 3 variable yang menentukan seberapa besar dan pada frekuensi berapa suatu material dapat meredam suara. Selain itu ada Frequency Coincidense region dan Frequency Resonant region seperti gambar dibawah ini.


Jasa peredam suara dan akustik ruang Bandung
3 variable penting dalam perhitungan peredaman suara pada material

Bila anda ingin paham perhitungan secara matematik dan detailnya, saya rekomendasikan anda untuk membaca buku2 ini:



Jasa peredam suara dan akustik di Bandung
Link

Jasa peredam suara dan akustik di Bandung
link
Jasa peredam suara dan akustik di Bandung
Link
Nah..Lainkali bila anda kebetulan sedang atau akan membuat karaoke, studio latihan, rekaman atau home theater, tanyakan pada kontraktor anda, "berapa total per m2 berat dinding redamnya ?" niscaya kontraktor itu akan sangat hati2 terhandap anda.hehehe


Untuk memahami lebih dalam mengenai peredaman suara dan hubungannya dengan Massa silahkan baca pada tulisan saya terbaru disini



Semoga bermanfaat

Panca


Jasa peredaman suara dan akustik ruang di Bandung
Contact:
Panca
087883424078 
(whatsapp only)
Peredaman suara dan massa
www.tiktok.com/@42studio

tokopedia


My Youtube Channel Click here



Posting Komentar

0 Komentar