Cara Membuat Pintu kedap studio musik (Hari ke 25 )

Cara Membuat Pintu kedap studio musik (Hari ke 25 )



Tips membuat pintu kedap yang benar


Halo, ketemu lagi😉

Setelah menyelesaikan peredaman suara dinding studio, lantai studio yang telah kita bahas dengan cukup detail, kali ini kita lanjutkan pembahasan mengenai Pintu kedap suara studio musik. Sebenarnya pengerjaan Pintu dan kaca studio dilakukan paralel atau bersamaan dengan pengerjaan dinding karena pintu kedap suara membutuhkan Kalkusai tepat, pemilihan material dengan densitas yang tepat, ketelitian dan tingkat presisi dalam pengerjaan yang sangat tinggi, sedikit saja kesalahan akan membuat pintu kedap suara anda gagal total.


 Pintu kedap suara studio musik yang sempurna adalah tidak ada pintu sama sekali 


Kadang bagian yang tersulit adalah ketika sy dihadapkan pada terbatasnya luas ruang & budget untuk membuat pintu kedap suara ini, karena sesuatu yang berhubungan dengan peredaman suara dalam hal ini meredam suara musik, kwalitas kekedapan sangat berhubungan dengan luas ruang & Budget. Sebagai perbandingan anda bisa lihat harga pintu kedap studio disini dan disini (catalog pdf)

SOUNDPROOF RECORDING STUDIO SOLID CORE DOOR

Selain sebagai akses keluar masuk, Pintu kedap suara berfungi untuk menahan suara (Noise) dari luar tidak masuk (Transmit) kedalam studio dan sebaliknya. Sehingga kegiatan studio musik tidak akan terganggu oleh suara yang berasal dari aktifitas diluar dan aktifitas studio tidak menggangu ingkungan luar selama 24jam , ini yang membedakan Home Studio dan Pro Recording Studio. Tidak peduli seberapa banyak dan mahal alat2 rekam yang anda miliki, selama anda harus berhenti merekam hanya karena ada mobil/motor lewat, studio anda msh dalam kategori Home Studio.😁 (Just face it)

Cara Membuat Pintu kedap studio musik


Hal yang harus dipahami adalah:  pintu kedap suara termasuk dalam sistem kedap suara/sound insulation/soundproofing/sound barrier secara keseluruhan, termasuk dinding, saya sering mendapat pertanyaan, "Apakah foam/busa dapat meningkatkan kekedapan suara pintu studio saya?'', saya jawab TIDAK. Karena idealnya berat pintu kedap suara /m2 harus sama atau mendekati berat dinding ruangan /m2. Maka, lupakanlah penggunaan Foam pada pintu kedap suara anda, foam tidak bisa berbuat apa2 dalam memblok suara.
(baca pembahasan mengenai mitos Foam disini).  
Karena Bunyi yang  merambat melalui udara (Airborne Noise) kemudian menumbuk/menabrak pintu akan menjadi kebisingan struktural (Structure Borne Noise). Airborne Noise dan Structure Borne Noise adalah 2 hal berbeda dalam arti dan berbeda dalam penanganannya. jadi Hati2.☝


Cara Membuat Pintu kedap studio musik
Airborne noise to Stuctureborne Noise


No Foam for Doors

Pintu dan kaca studio merupakan Titik lemah(Weak Point) pada proses peredaman suara ruangan, pentingnya pre-design layout ruangan studio sangatlah penting untuk menghindari banyaknya penggunaan pintu dan kaca, buatlah akses studio yang efektif sesuai dengan bentuk dan luas ruangan.

Coba anda bayangkan,bila seluruh dinding studio musik anda terbuat dari bata merah, kemudian anda memasang pintu rumah biasa dengan kayu tipis dengan rongga diantaranya, apa yang akan terjadi? bagian mana dari ruangan anda yang menjadi bagian terlemah dari kebocoran suara, anda pasti langsung bisa menebak, PINTU!


Kembali pada pembahasan pintu pada studio ini, Pada umumnya pintu kedap studio terdiri dari 2 pintu kedap (double leafs doors) dengan jarak tertentu diantara pintunya, jarak antar pintu ditentukan dengan sbb:
  • Tingkat nilai kekedapan masing2 pintu  
  • Total kebisingan lingkungan diluar dan didalam studio 
  • Target nilai kekedapan yang dibutuhkan
  • Apakah anda memiliki cukup ruang untuk itu. 

SOUNDLOCK/AIRLOCK

Dalam kondisi studio ini, saya membutuhkan struktur baru yang dinamakan Soundlock/airlock, kenapa? karena tingkat kebisingan diluar studio ini cukup tinggi, sekitar 98-100dB SPL yang berasal dari suara bising dari jalan utama, kebisingan dari output satelit speaker, Kulkas, mesin2 kopi dll (Area Cafe), beruntung Cafe ini memiliki luas ruang yang cukup dan owner mengijinkan penambahan struktur ini. 
SOUNDLOCK/AIRLOCK adalah ruangan/lorong diantara 2 pintu studio.



Cara Membuat Pintu kedap studio musik
Layout Studio
Cara Membuat Pintu kedap studio musik
Struktur tambahan untuk SoundLock





Area Soundlock/Airlock ini harus dibuat 'Mati' dengan kata lain minimal gema, karena gema akan menambah tingkat kebisingan suara, disini baru penggunaan Foam akan efektif 😉Pembangunan Soundlock menggunakan bata merah kemudian dicat agar terlihat menyatu dengan atmosfir Cafe.


Cara Membuat Pintu kedap studio musik
3d view (bagian plafond tertutup plat beton)


Cara Membuat Pintu kedap studio musikCara Membuat Pintu kedap studio musik

Cara Membuat Pintu kedap studio musik
Perhatikan Pintu bagian dalam dan pintu luar


Dimensi pintu studio sebelum renovasi adalah H230 W100 T4 (cm), terlihat besar dan mewah, tetapi untuk mengurangi biaya dan bobot pintu terpaksa saya perkecil rongga pintu menjadi H215 W90 T5.5 (cm) dengan design konstruksi pintu solid (tidak berongga) dan setiap pintu memiliki berat kurang lebih 97-103kg, Masing-masing memiliki nilai kekedapan suara sebesar 42 STC (nilai redam rata2). 


Gambar konstruksi pintu kedap suara
Detail konstruksi pintu
Cara Membuat Pintu kedap studio musik
Door parts





Cara Membuat Pintu kedap studio musikCara Membuat Pintu kedap studio musikCara Membuat Pintu kedap studio musik

Cara Membuat Pintu kedap studio musik

KUSEN dan DAUN PINTU


Kayu kamper (oven) adalah bahan yang saya gunakan untuk membuat kusen pintu, pastikan kayu sudah kering agar menghindari kusen melenting, perkuatan dengan besi akan memperkuat kekokohan dan menghindari lentingan daun pintu yang berlebihan,  jangan gunakan kayu masih basah karena pasti akan melenting dan membuat anda pusing memperbaikinya, malah akan berujung anda mengganti pintu itu secara keseluruhan, kayu2 bekas yang sudah lama biasanya memiliki tingkat kekeringan yang tinggi. coba anda lakukan research mengenai hal ini. Click: Kadar Air Kayu

Dalam konteks meredam suara (kedap) lebih berat adalah lebih baik, prinsip ini benar, tapi dalam menentukan bobot pintu anda harus mempertimbangkan juga tingkat kesulitan dalam pemasangannya nanti. 

ENGSEL (Heavy Duty HINGE)

Gunakan engsel dengan spesifikasi Heavy duty, atau dengan kemampuan menahan beban yang berat (>100kg/pair). Gunakan 2 pasang (4 engsel) pada setiap pintunya, pada titik tumpuan bagian 1/4 atas pintu dan sisanya ditengah dan bawah 1/4 tinggi daun pintu. Biasanya akan ada penyesuaian pada pemasangan engsel, karena posisi pintu akan sedikit berubah sesuai dengan tingkat kelenturan kusen, lakukan penyesuaian ulang agar posisi pintu benar2 presisi terhadap kusen, karena akan menentukan kwalitas kekedapan pintu anda.

Cara Membuat Pintu kedap studio musik
Heavy duty HINGE
Jangan sekali2 anda abaikan masalah ini karena pintu sangat berat bila engsel tidak dapat menahan beban pintu, kemungkinan pintu roboh dan mencelakai orang akan menjadi masalah besar buat anda.


DOOR SEAL

Berfungsi untuk menutup celah pada pertemuan daun pintu dengan kusen, biasanya lebar celah 4mm sekeliling bukaan pintu. Disinilah pentingnya PRESISI pada pekerjaan pintu, kebocoran yang diakibatkan tidak tertutup rapatnya celah antara pintu kedap dan kusen akan menurunkan secara signifikan nilai kedapnya, bila celahnya besar anda akan sangat sulit memperbaikinya. 


Cara Membuat Pintu kedap studio musik
Door Seal



Cara Membuat Pintu kedap studio musik


Cara mudah untuk memeriksa apakah seal pintu kita sempurna atau tidak adalah dengan cara sbb:

1. Ajak 1 atau 2 teman anda ke studio
2. Bawa senter lampu yg masih baik batrenya
3. Mintalah salah 1 teman anda masuk kedalam studio dan matikan lampu studio
4. Tutup pintu studio, matikan juga lampu ruangan dimana anda berada (diluar pintu studio)
5. Sorot dengan senter sisi sekeliling pintu anda (jarak dekat) pelan2
6. Minta teman anda memperhatikan, apakah ada cahaya yang terlihat pada sisi2 pintu

Bila setelah ditest teman anda tidak menemukan cahaya, artinya seal pintu anda terpasang dengan baik. Coba bertukar posisi agar anda semakin yakin.


DOOR PULL (Heavy duty)


Pilih handle pintu yang simple tapi kuat. udah jangan yang macem2, nanti cepet rusak👴
Selain kuat, juga terjangkau.
Cara Membuat Pintu kedap studio musik
Door Pull with Plate

Rumah kunci & Cilinder kunci.

Perhatikan ketebalan pintu anda, jangan terlalu tebal karena membutuhkan cilinder kunci yang panjang (8-10cm), harganya lumayan mahal.


Cara Membuat Pintu kedap studio musikCara Membuat Pintu kedap studio musik
Untuk kunci saya sarankan produk ini: Kend (click aja)


Door Closer


Door Closer hanya optional, tapi pintu kedap studio anda akan menjadi lebih terlihat PRO bila menggunakan Door Closer


Cara Membuat Pintu kedap studio musik
Untuk Door Closer saya sarankan produk iniKend (click aja)

Setelah terpasang semua dengan baik, ada baiknya anda coba dengan membuka/tutup pintu berulang2, pintu harus menutup dengan baik tanpa harus dengan dorongan ekstra, bila masih belum, lakukan penyesuaian ulang engsel atau door closer pintu kedap suara anda.

RATA2 NILAI REDAM 1 DAUN PINTU 42dB STC

Cara Membuat Pintu kedap studio musik
Nilai redam 1 daun pintu pada seluruh frekuensi spektrum


Koq kecil ya nilai redamnya,padahal udah berat (103kg)😕💭?..mungkin pertanyaan itu ada dibenak anda sekarang, dan jawabannya adalah Ya, nilai redamnya kecil terutama pada frekuensi rendah (63Hz = 31dB reduksi), ingat grafik diatas hanya menunjukan nilai redam hanya pada 1 pintu, sedangkan sy menggunakan 2 pintu ditambah SOUNDLOCK/AIRLOCK, sehingga nilai redam pintu kedap studio akan mengalami peningkatan yang signifikan (sekitar 72-75dB STC), mari kita lihat grafik nilai redam komposisi Pintu - Soundlock - Pintu.

RATA2 NILAI REDAM 1 DAUN PINTU + SOUNDLOCK + 1 DAUN PINTU 72-75db STC


Cara Membuat Pintu kedap studio musik
Nilai redam Pintu - SoundLock - Pintu pada seluruh frekuensi spektrum 

Peningkatan nilai redam:
63Hz     = +11dB
125Hz   = +19dB
250Hz   = +25dB
500Hz   = +29dB
1000Hz = +36dB
2000Hz = +43dB
4000Hz = +31dB
Note: 
Setiap peningkatan kebisingan sebesar 10dB SPL = 2x lebih keras (presepsi)
Setiap penurunan kebisingan sebesar 10dB SPL   = 2x lebih pelan (presepsi)


Cara Membuat Pintu kedap studio musik



BIAYA/HARGA PINTU KEDAP

Banyak yang menanyakan berapa harga pintu kedap kepada saya, dan sering kali yang bertanya terkaget-kaget. Saya akan jelaskan mengapa harga pintu kedap per unit cukup tinggi. 

Biaya membuat pintu kedap memang lumayan, bisa dibilang relatif mahal, kenapa?
Seperti yang disebut diatas, karena dengan bobot sekitar 97-103kg pintu ini harus ditopang oleh bahan2 yang kuat.

Kusen kamper samarinda oven, dipilih karena kokoh dan tidak melenting, karena ketika kusen melenting karena beban berat, pintu tidak akan presisi terhadap kusen, sehingga celah-celah akan tercipta pada sisinya yang sulit untuk ditutup karet sintetis, Celah ini akan membuat lolosnya suara sehingga menurunkan nilai redam secara keseluruhan. kalaupun bisa pintu akan tidak normal ketika ditutup.
Untuk Studio rekaman/Latihan, dibutuhkan 2 kusen untuk 2 daun pintu.

Contoh pintu studio musik yang gagal
Pintu tidak tertutup normal


Daun pintu Solid, pembuatan daun pintu pun tidak mudah, diperlukan proses penjepitan (press) frame pintu sehingga daun pintu benar-benar hilang lentingannya (mati), atau sangat minimal. 
Proses ini bisa memakan waktu 1-2 minggu untuk memastikan permukaan daun pintu yang lurus. Bila permukaan pintu tidak lurus, kondisi yang sama akan terjadi seperti ketika kusen melenting.


Proses pengepressan daun pintu studio musik
Press rangka pintu

Accessories pintu kedap, Seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi terdiri dari sbb:

  • Heavy Duty Engsel Kapasitas 80kg-100kg/pair, 4 pasang
  • Door Pull 
  • Silinder Kunci 9cm, Silinder kunci harus dipastikan lebih panjang dari ketebalan pintu.
  • Body Kunci Pintu Pelor Backset : 50mm
  • Door Closer Kapasitas 150kg
  • Foam Seal 3mm 9m
Silahkan kalian cek harga masing-masing item diatas.

Finishing, Kusen dan daun pintu tentu harus difinishing untuk melindungi kayu dari kerusakan, mempermudah perawatan dan meingkatkann nilai estetika. Cat Duco dan lapisan HPL adalah pilihan termurah dibanding finishing melamik atau finishing yang lain.

Installasi, installasi pintu kedap adalah proses tersulit dari proses pembuatan pintu kedap ini, dengan bobot pintu cukup sulit untuk memasang daun pintu, dibutuhkan 3-4 orang tukang khusus pasang pintu yang berpengalaman agar pintu terpasang dengan baik. Proses installasi biasanya memerlukan waktu sekitar 2-3 hari, pada hari pertama 
Kusen dan Pintu akan dipasang dan dibiarkan sampai esok hari, kemudian dilihat perubahan posisi pintu, bila ada perubahan (biasanya sedikit) akan dilakukan penyesuaian pada engsel sampai pintu benar-benar berfungsi baik. Bila ada kesalahan dalam proses pembuatan  misa  kusen  atau daun pintu yang melenting, tidak ada jalan lain selain mengganti komponen yang tidak sesuai tadi dan membuatnya kembali dari awal.😎

Harga Pintu kedap/unit dengan nilai redam 42-44dB STC bisa anda lihat disini.  

Note: 
Pintu ini khusus untuk fungsi ruangan yang berhubungan dengan musik, seperti Studio rekaman/Latihan/Karaoke Room/Home Theater. Untuk fungsi ruangan lain belum tentu memerlukan pintu dengan komposisi ini.

Hasil test lapangan pintu kedap studio musik dpt dilihat di youtube chanel saya: Click here 



Keterangan : 
Kebisingan bunyi didalam ruangan sebesar 109-115dB (sulit melakukan percakapan), setelah kedua pintu tertutup kebisingan bunyi diluar dibawah Noise Floor. (kebisingan lingkungan diluar)


Contoh pintu home studio 1 daun


Saran saya untuk pintu anda tidak membuatnya sendiri (DIY), lebih baik anda beli atau anda bisa pesan dari saya.😋 percayalah saya sudah mengalami bagaimana sulitnya membuat pintu kedap ini.

OK sekian pembahasan tentang pembuatan pintu kedap suara studio musik kali ini mudah2an bisa memberi pencerahan dan pertimbangan kepada teman2 semua, pembahasan berikutnya adalah Cara membuat jendela kaca kedap studio musik..🙏🙏🙏

SEMOGA BERMANFAAT

COVID 19 SAFETY
Cara Membuat Pintu kedap studio musik

Panca (Whatsapp only)
087883424078

Jasa peredaman suara diBandung
Cara membuat pintu kedap studio musik
www.tiktok.com/@42studio

Tokopedia






Posting Komentar

5 Komentar

  1. Mas izin bertanya, apakah pintu kedap suara bisa memakai material lumunium

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Frame alumunium maksudnya? bisa Mas, pastikan saja daun pintu solid dan tidak melenting.

      Hapus
  3. Mas, bisa minta no WA u/ komunikasi lebih lanjut (081286298020)

    BalasHapus