Hari ke 22 Renovasi peredaman Studio Rekaman (Pemasangan Lapisan partisi 2)

Hari ke 22 Renovasi peredaman Studio Rekaman (Pemasangan Lapisan partisi 2)


Pemasangan Lapisan redam partisi 2


Halo, ketemu lagi👦
Ok hari ke 22 (hmm..klo tidak salah)

Kita lanjutkan proses renovasi ini, menuju tahap ke 2, pemasangan lapisan redam dinding studio (lapisan ke 2). Saya hanya menggunakan 2 lapis material partisi pada studio ini, dianggap cukup memenuhi target nilai redam yang dikehendaki. Bisa dikatakan tingkat peredaman studio ini tidak SUPERIOR, tetapi cukup disesuaikan dengan alat2 (amps) yang akan digunakan. Salah satu variable untuk menentukan seberapa besar nilai redaman yang dibutuhkan adalah dengan menghitung total output suara  Instruments, Amply/Speaker didalam studio (SPL), berapa banyak Amply yg dakan digunakan , berapa jumlah speaker monitor berikut dengan brandnya (merk), Kebisingan yang dihasilkan oleh instrument Drum kira2 sebesar 90-115dB SPL, tergatung jenis musik yang dimainkan. BIsa dibaca disini

Anda bisa lihat dari spec speaker masing2 output maksimum setiap speakernya:   
Renovasi peredaman Studio Rekaman
Data ini bisa diperoleh dari website atau tertera dibelakang speaker
Catat Max SPL dari masing2 Amps & Speaker (plus Drum) kemudian jumlahkan, setelah mendapatkan total SPL dari seluruh Amps & speaker, baru anda tentukan nilai redaman ruangan beserta komposisinya. Misalnya Total SPL adalah 122dB SPL, maka nilai dinding redam anda harus sebesar (minimal) 82dB reduction. Sehingga hanya 40dB suara yang transmit (bocor) adalah nilai redam yang baik. 


Cara memasangan lapisan peredaman ke 2



Pemasangan Partisi lapisan kedua, harus dilakukan selang-seling/saling-silang, agar sambungan lapisan pertama tertutup oleh lapisan partisi ke2. bisa anda lihat pada gambar dibawah ini:


Jasa peredam suara dan akustik Bandung

Pemasangan seperti ini sangat baik dalam isolasi suara, karena sambungan2 setiap material berpotensi menjadi jalan keluar suara walaupun sudah tertutup sealant, karena ukuran material perlembarnya tidak persis sama sehingga menciptakan celah yang tidak bisa dihindari. Lakukan cara ini pada lapisan 3 atau 4 bila anda menggunakan 4 lapis material.


Jasa peredam suara dan akustik Bandung
Setiap sambungan partisi selalu di seal dengan rapi
Jasa peredam suara dan akustik Bandung
Sebaiknya keselamatan pekerja pun diperhatikan 👲






Skill tukang


Berdasarkan pengalaman saya, masalah yang sering terjadi pada proses pembuatan studio ni adalah karena 
Tukang yang tidak berpengalaman membuat kontruksti ruang kedap, sehingga sering sekali hal penting seperti proses sealant dikerjakan dengan cepat, sehingga sealant tidak menutup celah partisi dengan sempurna, ukuran2 tidak presisi dan tidak sesuai gambar kerja karena dianggap tidak akan berpengaruh (menurut dia), Hal ini harus dihindari dengan memberikan sedikit edukasi terhadap para tukang tentang perbedaan membuat dapur rumah dengan studio rekaman😆. 
.
Presisi adalah mutlak

Jasa peredam suara dan akustik Bandung
Karena dituntut ketelatenan ekstra maka harga tukang pun berbeda.

Maka dari itu saya selalu memaksakan kepada owner bahwa mutlak harus tukang yang saya miliki (berpengalaman) yang mengerjakan dan ditulis pada kontrak. Hal ini untuk menghindari molornya jadwal dan target perkerjaan. 
Pekerjaan insulasi ruangan membutuhkan tingkat ketelatenan ekstra dan pekerjaan yang presisi dari para tukang dan kejelian mandor. 

Tidak jarang saya memerintahkan mandor untuk membongkar struktur yang sudah jadi, tetapi  tidak sesuai dengan standard yang saya inginkan, dan itu artinya saya kehilangan waktu dan mengalami kerugian uang.

Jasa peredam suara dan akustik BandungJasa peredam suara dan akustik Bandung



Resiko kebocoron suara melalui sambungan partisi

Sambungan atau bertemunya partisi dinding dengan plafond harus membetuk interlocking tidak tumpang tindih, Agar mereduksi faktor kebocoran yang disebut Flanking Noise atau Indirect Noise



Jasa peredam suara dan akustik ruang Bandung
Flanking Noise sering terjadi karena sambungan/pertemuan antara 2 sisi dinding dan plafond tidak membentuk
interlock system 

Jasa peredam suara dan akustik ruang bandung
Pemasangan 2 lapisan partisi saling silang

Jasa peredam suara dan akustik ruang bandung
Setiap lapisan harus diseal secara sempurna

Jasa peredam dan akustik ruang Bandung
Pendempulan dan Selesai
Tahap Insulasi/Peredaman dinding pun selesai.


Jasa peredam dan akustik ruang Bandung
Pa UCU pun istirahat. kerja lembur, 💤💤💤💤💤💤
Sekian dulu untuk kali ini, pada tulisan berikutnya kita akan bahas mengenai Pintu, SoundLock dan Jendela..😎😎

Bila ada yang mau ditanyakan silahkan, jangan malu2 komen dikotak komen atau kontak saya melalui kotak social media: (ga dipungut bayaran koq😀)

See U soon....

SEMOGA BERMANFAAT
Terima kasih.


Jasa peredaman suara dan akustik ruang di Bandung


Panca (Whatsapp only)
087883424078

Jasa peredam suara dan akustik ruang Bandung




Posting Komentar

0 Komentar